PENERAPAN LITERASI VOKASIONAL DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK
Keywords:
Literasi Vokasional, Berpikir Kratif, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dengan dunia industri. Pembelajaran berbasis proyek dan praktik kerja lapangan (PKL) menjadi metode utama dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah serta inovasi. Namun, masih banyak siswa SMK yang kurang inisiatif dalam menyelesaikan tantangan teknis dan lebih bergantung pada arahan eksternal. Untuk itu, kreativitas menjadi aspek penting yang harus dikembangkan agar siswa lebih adaptif terhadap perubahan industri. Literasi vokasional berperan dalam menghubungkan pemahaman teori dengan keterampilan teknis, mendorong eksplorasi ilmu, serta membangun identitas profesional siswa. Studi ini menganalisis relevansi literasi vokasional dengan pengembangan berpikir kreatif siswa SMK melalui kajian deskriptif terhadap literatur yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi vokasional tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif dalam menghadapi tantangan industri. Dengan demikian, penguatan literasi vokasional dalam kurikulum SMK menjadi strategi penting dalam menghasilkan lulusan yang inovatif, fleksibel, dan siap bersaing di dunia kerja.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kejuruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.