PENERAPAN LITERASI VOKASIONAL DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK

Authors

  • Fathimah Hajar Al Adawiyyah Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Author
  • Riyan Arthur Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Author
  • Arris Maulana Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Author

Keywords:

Literasi Vokasional, Berpikir Kratif, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dengan dunia industri. Pembelajaran berbasis proyek dan praktik kerja lapangan (PKL) menjadi metode utama dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah serta inovasi. Namun, masih banyak siswa SMK yang kurang inisiatif dalam menyelesaikan tantangan teknis dan lebih bergantung pada arahan eksternal. Untuk itu, kreativitas menjadi aspek penting yang harus dikembangkan agar siswa lebih adaptif terhadap perubahan industri. Literasi vokasional berperan dalam menghubungkan pemahaman teori dengan keterampilan teknis, mendorong eksplorasi ilmu, serta membangun identitas profesional siswa. Studi ini menganalisis relevansi literasi vokasional dengan pengembangan berpikir kreatif siswa SMK melalui kajian deskriptif terhadap literatur yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi vokasional tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif dalam menghadapi tantangan industri. Dengan demikian, penguatan literasi vokasional dalam kurikulum SMK menjadi strategi penting dalam menghasilkan lulusan yang inovatif, fleksibel, dan siap bersaing di dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

PENERAPAN LITERASI VOKASIONAL DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK. (2025). Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah & Kejuruan, 1(3), 70-78. http://artmediapub.id/index.php/JPDMK/article/view/92

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.