LITERATURE REVIEW: KERANGKA KERJA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK PENDIDIKAN VOKASIONAL DI INDONESIA

Authors

  • Tri Hartono S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Author

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui memperlihatkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk pendidikan vokasional saat ini serta 2. Melihat pertumbuhan publikasi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk pendidikan vokasional saat ini (metrik sitasi, grafik publikasi dan sitasi tahunan). Literatur review berguna untuk membuat analisis dan sintesis terhadap pengetahuan yang sudah ada terkait topik yang akan diteliti untuk menemukan ruang kosong bagi penelitian yang akan dilakukan. Penelitian kualitatif menggunakan metode studi literatur. Pencarian datanya dilakukan melalui software Publish or Perish dengan mengambil database Google Scholar menggunakan beberapa kata kunci yaitu “TPACK, TPACK Vocational High School, Vocational Education, Vocational Knowledge. Vocational Teacher, Kompetensi Abad 21, Kompetensi Guru Vokasional.” dengan total data yang digunakan sebanyak 1.200 data. Data yang telah didapatkan kemudian diolah untuk didapatkan visualisasi tren penelitian dan proyeksinya di masa mendatang. Pada analisis growth trend didapatkan hasil bahwa penelitian dengan topik tersebut memperoleh hasil tertinggi pada rentang tahun 2021-2023, analisis geografis menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara yang dominan dalam riset terkait Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK, pada analisis afiliasi didapati bahwa Universitas Negeri Malang menjadi instansi yang dominan dalam riset Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK, pada analisis  co-word riset terkait Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih belum ramai diangkat, dan analisis co-author menunjukkan bahwa Desi Apriyanty author asal Universitas Negeri Malang menjadi author yang dominan dalam tema riset ini. Dari keseluruhan hasil didapati bahwa arah risetnya akan sejalan dengan riset terbaru di bidang Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui memperlihatkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk pendidikan vokasional saat ini serta 2. Melihat pertumbuhan publikasi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk pendidikan vokasional saat ini (metrik sitasi, grafik publikasi dan sitasi tahunan). Literatur review berguna untuk membuat analisis dan sintesis terhadap pengetahuan yang sudah ada terkait topik yang akan diteliti untuk menemukan ruang kosong bagi penelitian yang akan dilakukan. Penelitian kualitatif menggunakan metode studi literatur. Pencarian datanya dilakukan melalui software Publish or Perish dengan mengambil database Google Scholar menggunakan beberapa kata kunci yaitu “TPACK, TPACK Vocational High School, Vocational Education, Vocational Knowledge. Vocational Teacher, Kompetensi Abad 21, Kompetensi Guru Vokasional.” dengan total data yang digunakan sebanyak 1.200 data. Data yang telah didapatkan kemudian diolah untuk didapatkan visualisasi tren penelitian dan proyeksinya di masa mendatang. Pada analisis growth trend didapatkan hasil bahwa penelitian dengan topik tersebut memperoleh hasil tertinggi pada rentang tahun 2021-2023, analisis geografis menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara yang dominan dalam riset terkait Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK, pada analisis afiliasi didapati bahwa Universitas Negeri Malang menjadi instansi yang dominan dalam riset Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK, pada analisis  co-word riset terkait Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih belum ramai diangkat, dan analisis co-author menunjukkan bahwa Desi Apriyanty author asal Universitas Negeri Malang menjadi author yang dominan dalam tema riset ini. Dari keseluruhan hasil didapati bahwa arah risetnya akan sejalan dengan riset terbaru di bidang Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Kata Kunci : TPACK 1, Pendidikan Vokasional 2, Teknologi 3, Pedagogi 4, Konten 5, Indonesia 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-01

How to Cite

LITERATURE REVIEW: KERANGKA KERJA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK PENDIDIKAN VOKASIONAL DI INDONESIA. (2024). Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah & Kejuruan, 1(2). http://artmediapub.id/index.php/JPDMK/article/view/18