PENDIDIKAN INOVATIF DI ABAD 21: MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Muhammad Risky Syahwal Fahri Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta Author

Keywords:

21st Century Learning , Innovative, 4C Skills

Abstract

Pendidikan abad 21 memerlukan perubahan mendasar dalam cara kita mengajar dan belajar. Salah satu solusi untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan berkelanjutan adalah melalui pendidikan inovatif.  Artikel ini mengkaji pentingnya pendekatan pendidikan yang menerapkan teknologi, kreativitas, dan keterampilan abad 21 atau yang biasa kita kenal sebagai 4C: pemikiran kritis (Critical Thinking), komunikasi (Communication), kolaborasi (Collaboration), dan kreativitas (Creativity). Pendidikan inovatif menekankan pengembangan kompetensi peserta didik yang melampaui penguasaan materi dengan memfokuskan pada kemampuan berpikir analitis, bekerja dalam tim, dan menciptakan solusi untuk masalah nyata. Pembelajaran berbasis proyek (PBL) serta pemanfaatan teknologi digital menjadi komponen penting dalam meningkatkan interaktivitas dan relevansi pembelajaran dengan dunia nyata. Selain itu, artikel ini juga menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif, sehingga setiap individu dapat berkembang sesuai dengan potensi dan kebutuhannya masing-masing. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

PENDIDIKAN INOVATIF DI ABAD 21: MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DAN BERKELANJUTAN. (2025). Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah & Kejuruan, 1(3), 33-38. http://artmediapub.id/index.php/JPDMK/article/view/91