TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND VOCATIONAL KNOWLEDGE FRAMEWORK FOR VOCATIONAL EDUCATION: A LITERATURE REVIEW
Keywords:
jkkAbstract
SMK ialah pendidikan yang menghasilkan lulusan dengan keahlian terapan dan berkualifikasi menjadi tenaga ahli tingkat menengah. Walau demikian, kondisi di SMK belum sepenuhnya ideal dengan harapan negara dalam memenuhi SDM yang kompeten dengan dunia kerja. Terukur dari proses dan hasil belajar siswa, lulusan SMK yang terserap industri ternyata kurang kompeten, hingga angka pengangguran yang masih tinggi. Salah satu faktornya ialah kurangnya saran prasarana dan lemahnya proses belajar mengajar di SMK, yang mana sangat dipengaruhi oleh peran guru SMK. Guru memerlukan kompetensi mengajar yang utama pada abad -21, yaitu teknologi, pedagogis, dan pengetahuan konten (TPCK). Namun keranga kerja TPCK di SMK masih umum, sehingga diperlukan upaya penyesuaian kerangka mengajar bagi guru SMK sesuai kebutuhan siswa SMK dan sejalan dengan perkembangan dunia kerja. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengembangan kerangka kerja konseptual pengetahuan teknologi, pedagogis, dan konten vokasional bagi guru SMK. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan fokus menganalis penerapan kerangka kerja TPCK di SMK untuk disintesis menjadi kerangka kerja baru, sehingga digunakan metode studi literatur dengan teknik dokumentasi. Pengumpulan data sekunder menggunakan dokumen artikel jurnal dan prosiding. Hasil penelitian ini adalah kerangka kerja konseptual Pengetahuan Teknologi, Pedagogis, dan Konten Vokasional (TPVoK). Implikasi penelitian berbentuk teoretis yaitu landasan berpikir pengembangan pedoman mengajar bagi guru SMK. Diharapkan penelitian berikutnya dapat mengembangkan kerangka kerja TPVoK, melakukan uji coba di SMK, hingga menerapkannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hevi Triayunna (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.