LITERATUR REVIEW : PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA
Keywords:
Gaya belajar, Visual, Auditori, KinestetikAbstract
Pendidikan merupakan suatu usaha untuk menumbuh kembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai kegiatan belajar mengajar yang di selenggarakan pada semua jenjang pendidikan di tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi. Adanya pendidikan sangat menunjang tinggi individu untuk mengalami suatu peroses perubahan dimasa yang akan datang. Pendidikan dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki secara optimal, yaitu adanya potensi yang mencangkup aspek fisik, intelektual, emosional, sosial dan spritual, sesuai dengan tahap perkembanganya. Metode penelitian menggunakan metode Systematic Review (SR) atau lebih umum dikenal sebagai Systematic Literatur Review (SLR). Hasil penelirian ini menunjukkan ada tiga jenis gaya belajar utama yaitu visual, auditori dan kinestetik. Setiap siswa memiliki salah satu atau kombinasi dari ketiga gaya belajar tersebut dengan karakteristik yang berbeda pada setiap jenisnya. Sebagian besar siswa cenderung memiliki dominasi gaya belajar visual. Siswa dengan gaya ini menyukai belajar dengan warna, gambar, garis, tabel, grafisl, simbol, diagram serta bentuk-bentuk lainnya. Sehingga, seorang anak yang memiliki gaya belajar visual akan cenderung memiliki pemahaman mengenai sesuatu dengan nilai-nilai artistik di dalamnya. Faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa antara lain faktor internal seperti kepribadian masing-masing siswa dan faktor eksternal seperti pengaruh lingkungan keluarga dan kondisi sekolah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kejuruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.