IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA COUNTING FROG DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIS
Keywords:
PBL, Canva, Kecerdasan Logis MatematisAbstract
Berhitung merupakan salah satu komponen kemampuan logis matematis. Namun, banyak ditemukan kesulitan berhitung pada siswa Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan pengimplementasian model Problem Based Learning berbantuan media Counting Fog berbasis Canva dalam peningkatan kemampuan logis matematis; 2) untuk mendeskripsikan keefektifan dari pengimplementasian model Problem Based Learning berbantuan media Counting Frog berbasis Canva dalam peningkatan kemampuan logis matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 04 Ketringan yang berjumlah Sembilan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Implementasi model Problem Based Learning Berbantuan Media Counting Frog Berbasis Canva dilaksanakan dengan lima sintak PBL. Media Counting Frog digunakan pada sintak yang pertama. Hasil tes menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata pretest yang semula hanya 72,2 menjadi 92,2 saat posttest. Sehinga, dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Counting Frog Berbasis Canva dapat Meningkatkan Kemampuan Logis Matematis.