IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING  BERBANTUAN MEDIA COUNTING FROG DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIS

Authors

  • Dewi Lokasari Universitas Negeri Semarang Author
  • Panca Dewi Purwati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Watminingsih SD Negeri 04 Ketringan, Gedung H, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang Author

Keywords:

PBL, Canva, Kecerdasan Logis Matematis

Abstract

Berhitung merupakan salah satu komponen kemampuan logis matematis. Namun, banyak ditemukan kesulitan berhitung pada siswa Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan pengimplementasian model Problem Based Learning  berbantuan media Counting Fog berbasis Canva dalam peningkatan kemampuan logis matematis; 2) untuk mendeskripsikan keefektifan dari pengimplementasian model Problem Based Learning  berbantuan media Counting Frog berbasis Canva dalam peningkatan kemampuan logis matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 04 Ketringan yang berjumlah Sembilan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Implementasi model Problem Based Learning  Berbantuan Media Counting Frog Berbasis Canva dilaksanakan dengan lima sintak PBL. Media Counting Frog digunakan pada sintak yang pertama. Hasil tes menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata pretest yang semula hanya 72,2 menjadi 92,2 saat posttest. Sehinga, dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Problem Based Learning  Berbantuan Media Counting Frog Berbasis Canva dapat Meningkatkan Kemampuan Logis Matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-31

How to Cite

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING  BERBANTUAN MEDIA COUNTING FROG DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN LOGIS MATEMATIS. (2024). Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah & Kejuruan, 1(1), 1-7. http://artmediapub.id/index.php/JPDMK/article/view/5