EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMK: ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI

Authors

  • Salma Maharani Universitas Negeri Jakarta Author

Abstract

Evaluasi program pembelajaran merupakan komponen vital dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam mata pelajaran matematika di kelas X SMK. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi program pembelajaran matematika di SMK menggunakan metode literature review dengan pendekatan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode ini melibatkan pengumpulan, seleksi, analisis dengan metode studi literatur, dan sintesis literatur yang relevan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai implementasi dan hasil program pembelajaran.

Temuan dari analisis konteks menunjukkan bahwa program pembelajaran matematika harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik siswa SMK dan tujuan kurikulum yang menekankan pada kompetensi praktis dan kesiapan kerja. Evaluasi input mengidentifikasi pentingnya sumber daya manusia yang kompeten dan penggunaan teknologi pendidikan dalam mendukung pembelajaran. Analisis proses menyoroti efektivitas metode pengajaran inovatif dan manajemen kelas yang efisien. Evaluasi produk menunjukkan peningkatan pencapaian akademik dan kesiapan kerja siswa melalui program pembelajaran yang dirancang dengan baik.

Berdasarkan temuan ini, beberapa rekomendasi diajukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi program pembelajaran matematika di kelas X SMK, termasuk pengembangan profesional guru, peningkatan fasilitas pembelajaran, pengembangan kurikulum yang kontekstual, dan pelaksanaan evaluasi berkelanjutan. Dengan mengimplementasikan rekomendasi tersebut, diharapkan program pembelajaran matematika dapat lebih optimal dalam mencapai tujuan pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-01

How to Cite

EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMK: ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI. (2024). Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah & Kejuruan, 1(2). http://artmediapub.id/index.php/JPDMK/article/view/12