PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Keywords:
Model Pembelajaran Jigsaw, Keaktifan Belajar, Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Minimnya variasi metode maupun model pembelajaran menyebabkan rasa jenuh dalam proses pembelajaran yang muncul pada diri peserta didik, sehingga kurangnya minat belajar di dalam diri peserta didik. Minat belajar agar peserta didik menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran dapat tumbuh dan terpelihara apabila kegiatan proses pembelajaran diadakan secara bervariasi, baik itu variasi model maupun media pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Metode penelitian yang peneliti terapkan ialah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan Kemmis & Mc. Taggart Subyek penelitian dalam penelitian ini ialah siswa dari kelas VIII-2 MTs Swasta Yaspend Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, mengalami peningkatan. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa terlihat dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata keseluruhan indikator aktivitas belajar pada siklus I yakni 53,24% yang mengalami peningkatan persentase pada siklus II sebesar 21,91% sehingga menjadi 75,15%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Amanda Sari Manda, Hayatun Sabariah Sabariah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.