ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS INOVATIF DAN KEWIRAUSAHAAN PADA GENERASI Z UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DALAM LINGKUP EKONOMI & ADMINISTRASI
Keywords:
Generasi Z, Bisnis Inovatif, BerwirausahaAbstract
Abstrak
Dalam perkembangan zaman yang semakin menuju kearah lebih baik dan berkembang tentunya beberapa sektor semakin diperhatikan, salah satunya dalam minat berwirausaha dan pengembangan bisnis yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bisnis inovatif dan jiwa berwirausaha di kalangan Generasi Z, khususnya mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang ada pada rumpun Program Studi Ekonomi dan Administrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa Ekonomi & Administrasi yang didukung dengan review literature. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui mahasiswa Generasi dalam minat untuk menggali potensi dalam berbisnis, berwirausaha, dan belajar mengembangkan bisnis yang inovatif & kreatif. Selain itu, penelitian ini menganalisis aspek-aspek yang ada dalam perkembangan dan peran mereka dalam penerapan serta peran pengembangannya pada organisasi kemahasiswaan dan kegiatan akademik di Prodi Ekonomi Administrasi memperkaya pemahaman mereka tentang dinamika bisnis dan kewirausahaan. Penelitian ini menganalisis pentingnya dukungan institusi pendidikan dan lingkungan organisasi dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan berwirausaha dan inovasi bisnis di kalangan mahasiswa. Rekomendasi praktis diberikan untuk universitas dan pembuat kebijakan dalam rangka mendorong lebih lanjut potensi kewirausahaan Generasi Z.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kejuruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.