PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG PURA
Abstract
Minimnya variasi metode maupun model pembelajaran menyebabkan rasa bosan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang muncul pada diri peserta didik, sehingga kurangnya keaktifan belajar di dalam diri peserta didik dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Salah satu model pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa ialah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Metode penelitian yang peneliti terapkan ialah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan Kemmis & Mc. Taggart Subyek penelitian dalam penelitian ini ialah siswa dari kelas SMP Negeri 3 Tanjung Pura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII-1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, mengalami peningkatan. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa terlihat dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata keseluruhan hasil belajar pada siklus I yakni 71,88 % yang mengalami peningkatan persentase pada siklus II sebesar 15,62 % sehingga menjadi 87,5%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Amanda Sari Manda (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.