LITERATURE REVIEW: PERAN SGDS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM BIDANG PENDIDIKAN BERKUALITAS DI DESA
Keywords:
SDGs, Literature Review, Pendidikan BerkualitasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran dari SDG bidang pendidikan berkualitas pada pedesaan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau literature review. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode literature review pada beberapa jurnal bahwa pendidikan berkualitas tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau lembaga formal, tetapi juga membutuhkan kolaborasi aktif antara individu, komunitas, dan lembaga lokal. Guru ngaji, BUMDes, dan inisiatif kolaboratif lainnya memiliki peran vital dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif dan mendukung pertumbuhan masyarakat yang seimbang secara sosial dan ekonomi.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan SDG bidang pendidikan berkualitas di Indonesia bisa dkatakan cukup positif namun masih perlu peningkatan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kejuruan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.