PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS FISIK SISWA SMP NEGERI 12 JAKARTA (TINJAUAN SOSIOLOGI OLAHRAGA)
Keywords:
Game Online, Aktivitas Fisik, Remaja, Sosiologi OlahragaAbstract
Pada era digital saat ini, remaja cenderung memilih game online sebagai sarana hiburan yang menggantikan aktivitas permainan yang bersifat fisik. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII, 2014), dalam sepuluh tahun terakhir terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna game online. Fenomena ini tercermin dari semakin banyaknya pusat permainan digital (game center) yang tersebar luas, baik di kota-kota besar maupun di daerah yang lebih kecil (Rini & Adyani, 2025). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online terhadap aktivitas fisik siswa SMP Negeri 12 Jakarta ditinjau dari perspektif sosiologi olahraga. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik survei melalui kuesioner Google Form. Sampel berjumlah 40 siswa dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki intensitas bermain game online sedang hingga tinggi, sementara aktivitas fisik mereka cenderung rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin intens siswa bermain game online, semakin sedikit aktivitas fisik mereka. Ini menunjukkan betapa pentingnya keluarga dan sekolah untuk mengatur penggunaan game online dan mendorong gaya hidup aktif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurbahijah Azzahra (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.