ANALISIS KEBUTUHAN MATA KULIAH BIDANG PENDIDIKAN VOKASIONAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Penulis

  • Dafa Aulia Bahar Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Penulis
  • R. Eka Murtinugraha Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Penulis
  • Riyan Arthur Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Penulis

Kata Kunci:

Kompetensi Profesional, Mata Kuliah, Guru, Teknik Bangunan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan mata kuliah untuk menunjang kompetensi profesional calon guru teknik bangunan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional seperti penguasaan materi, perancangan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, pengembangan profesional, pemahaman peserta didik, kolaborasi, dan etika profesi sudah tercakup dalam mata kuliah kependidikan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta, sehingga tidak diperlukan tambahan mata kuliah baru. Penelitian ini terbatas pada mata kuliah kependidikan dan narasumber dari program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), namun diharapkan dapat menjadi masukan bagi program studi dalam membekali mahasiswa sebagai pendidik profesional.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

ANALISIS KEBUTUHAN MATA KULIAH BIDANG PENDIDIKAN VOKASIONAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. (2025). Jurnal Pembelajaran, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 18-26. https://artmediapub.id/index.php/JPKTP/article/view/94