ANALISIS KEBUTUHAN MATA KULIAH BIDANG PENDIDIKAN VOKASIONAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Kata Kunci:
Kompetensi Profesional, Mata Kuliah, Guru, Teknik BangunanAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan mata kuliah untuk menunjang kompetensi profesional calon guru teknik bangunan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional seperti penguasaan materi, perancangan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, pengembangan profesional, pemahaman peserta didik, kolaborasi, dan etika profesi sudah tercakup dalam mata kuliah kependidikan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta, sehingga tidak diperlukan tambahan mata kuliah baru. Penelitian ini terbatas pada mata kuliah kependidikan dan narasumber dari program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), namun diharapkan dapat menjadi masukan bagi program studi dalam membekali mahasiswa sebagai pendidik profesional.