MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KREATIF DAN KETERAMPILAN DIGITAL REMAJA AWAL MELALUI PEMBELAJARAN UI/UX DESIGN
Kata Kunci:
UI/UX Design, Literasi Digital, Kreativitas, Remaja Awal, Generasi ZAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemahaman konsep desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dapat berkontribusi dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan digital remaja awal usia 13 hingga 15 tahun. Fokus kajian ini adalah pada Generasi Z yang tumbuh berdampingan dengan teknologi digital, serta bagaimana pembelajaran UI/UX dapat menjadi sarana edukatif yang inovatif. Metode yang di gunakan adalah studi literatur terhadap artikel-artikel ilmiah yang relevan pada rentang tahun 2015 sampai 2025. Hasil telaah menunjukkan bahwa pendekatan berbasis prinsip UI/UX mampu memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan kreativitas, dan menumbuhkan kepercayaan diri serta kemampuan kolaboratif remaja. Pembelajaran UI/UX juga membuka peluang bagi remaja awal untuk lebih siap menghadapi tantangan dunia digital dan masa depan yang berbasis teknologi.