PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK K3 TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY (AR)

Penulis

  • Annisa Aliya Zakiyya Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Penulis
  • R. Eka Murtinugraha Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Penulis
  • Riyan Arthur Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Penulis

Kata Kunci:

E-Modul , Augmented Reality , Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Metode 4D

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran elektronik (e-modul) terintegrasi augmented reality (AR) pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menggunakan metode pengembangan research and development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). E-modul ini berisi materi K3 listrik, investigasi kecelakaan kerja, manajemen risiko, dan penilaian risiko. Fitur augmented reality diterapkan pada materi investigasi kecelakaan kerja dan manajemen risiko untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan imersif. Validasi e-modul dilakukan oleh ahli materi dan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan nilai validasi materi sebesar 86% dan validasi media sebesar 97%. Uji coba terbatas dilakukan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta, dengan hasil nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,96, yang termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, tingkat kepuasan pengguna terhadap e-modul ini mencapai 94%, menunjukkan bahwa e-modul sangat efektif dan memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK K3 TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY (AR). (2025). Jurnal Pembelajaran, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 10-17. http://artmediapub.id/index.php/JPKTP/article/view/89