PENGARUH FAKTA VS OPINI DALAM MEMPENGARUHI KAUM GEN-Z
Kata Kunci:
Fakta, Opini, Meyakinkan, Komunikasi, Pengambilan Keputusan, Gen ZAbstrak
Penelitian ini menyelidiki bagaimana opini dan fakta mempengaruhi keyakinan orang khususnya para Gen Z dalam proses pengambilan keputusan. Opini adalah pandangan subjektif yang bersifat pribadi, sedangkan fakta adalah informasi berbasis data objektif yang dapat diverifikasi. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur seberapa efektif berbagai jenis informasi dalam situasi tertentu, seperti pemasaran, diskusi sosial, dan pengambilan keputusan pribadi. Metode kuantitatif digunakan melalui penelitian literatur dan analisis berbagai sumber akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakta cenderung lebih efektif ketika dibutuhkan kredibilitas, seperti dalam komunikasi ilmiah atau profesional. Sebaliknya, opini lebih kuat dalam situasi yang berkaitan dengan emosi atau hubungan interpersonal. Hasilnya memberikan pengetahuan tentang strategi komunikasi yang efektif dalam berbagai situasi dan dapat diterapkan dalam pemasaran.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmu Sains dan Teknologi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.