PENGARUH FAKTA VS OPINI DALAM MEMPENGARUHI KAUM GEN-Z

Penulis

  • Taufik Ikhsan Program Studi Pemasaran Digital, Fakultas Ekonomi Negeri Jakarta Penulis

Kata Kunci:

Fakta, Opini, Meyakinkan, Komunikasi, Pengambilan Keputusan, Gen Z

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki bagaimana opini dan fakta mempengaruhi keyakinan orang khususnya para Gen Z dalam proses pengambilan keputusan. Opini adalah pandangan subjektif yang bersifat pribadi, sedangkan fakta adalah informasi berbasis data objektif yang dapat diverifikasi. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur seberapa efektif berbagai jenis informasi dalam situasi tertentu, seperti pemasaran, diskusi sosial, dan pengambilan keputusan pribadi. Metode kuantitatif digunakan melalui penelitian literatur dan analisis berbagai sumber akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fakta cenderung lebih efektif ketika dibutuhkan kredibilitas, seperti dalam komunikasi ilmiah atau profesional. Sebaliknya, opini lebih kuat dalam situasi yang berkaitan dengan emosi atau hubungan interpersonal. Hasilnya memberikan pengetahuan tentang strategi komunikasi yang efektif dalam berbagai situasi dan dapat diterapkan dalam pemasaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-06-30