ANALISIS KONDISI MENTAL REMAJA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN

Penulis

  • Muhammad Galang Putra Santoso Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta Penulis

Kata Kunci:

Kondisi mental, Remaja, Pembelajaran, Kecemasan, Kesejahteraan Siswa

Abstrak

Kondisi mental remaja memainkan peran penting dalam 
efektivitas kegiatan pembelajaran di lingkungan pendidikan 
formal maupun informal. Artikel ini bertujuan untuk 
menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan 
mental remaja selama proses belajar, termasuk tekanan 
akademis, interaksi sosial, dan pengaruh teknologi. Penelitian 
ini menggunakan pendekatan literature review. Hasil analisis 
menunjukkan bahwa tingkat kecemasan, motivasi belajar, dan 
dukungan lingkungan memiliki dampak signifikan terhadap 
kemampuan remaja untuk menyerap materi pembelajaran. 
Selain itu, ditemukan bahwa strategi pengajaran yang 
mendukung kesejahteraan mental siswa dapat meningkatkan 
keterlibatan aktif dan hasil belajar. Dengan memahami 
dinamika kondisi mental remaja, diharapkan pendidik dan 
pemangku kepentingan dapat merancang kebijakan dan 
metode pembelajaran yang lebih inklusif dan suportif terhadap 
kesehatan mental peserta didik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-03-30