ANALISIS KONDISI MENTAL REMAJA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kata Kunci:
Kondisi mental, Remaja, Pembelajaran, Kecemasan, Kesejahteraan SiswaAbstrak
Kondisi mental remaja memainkan peran penting dalam
efektivitas kegiatan pembelajaran di lingkungan pendidikan
formal maupun informal. Artikel ini bertujuan untuk
menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan
mental remaja selama proses belajar, termasuk tekanan
akademis, interaksi sosial, dan pengaruh teknologi. Penelitian
ini menggunakan pendekatan literature review. Hasil analisis
menunjukkan bahwa tingkat kecemasan, motivasi belajar, dan
dukungan lingkungan memiliki dampak signifikan terhadap
kemampuan remaja untuk menyerap materi pembelajaran.
Selain itu, ditemukan bahwa strategi pengajaran yang
mendukung kesejahteraan mental siswa dapat meningkatkan
keterlibatan aktif dan hasil belajar. Dengan memahami
dinamika kondisi mental remaja, diharapkan pendidik dan
pemangku kepentingan dapat merancang kebijakan dan
metode pembelajaran yang lebih inklusif dan suportif terhadap
kesehatan mental peserta didik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Ilmu Sains dan Teknologi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.